Apa itu SEO ranking analis conten traffic indexing keyword backlink

Apa Itu SEO ???




 Menjadi pertanyaan yang paling sering diajukan oleh para pemula yang baru saja belajar membangun blog atau website. Hal ini karena melakukan optimasi SEO dipercaya akan mempermudah blog atau website untuk mendapatkan ranking tinggi pada hasil mesin pencari, seperti Google. Benarkah hal tersebut?  Mari kita kupas lebih dalam mengenai apa itu Search engin optimasi dan cara optimasi SEO pada website.


Dengan memperoleh ranking tinggi dari mesin pencari, maka potensi trafik organik Kamu pun akan meningkat. Bukan hanya bisa membuat trafik website menjadi tinggi, tapi trafik tersebut juga bisa lebih tepat dan sesuai dengan tujuan website yang Kamu bangun.


Dengan memperoleh ranking tinggi dari mesin pencari, maka potensi trafik organik Kamu pun akan meningkat. Bukan hanya bisa membuat trafik website menjadi tinggi, tapi trafik tersebut juga bisa lebih tepat dan sesuai dengan tujuan website yang Kamu bangun.

Namun, perlu diingat bahwa SEO bukan pekerjaan yang bisa diselesaikan hanya satu kali waktu saja. Lebih dari itu, SEO justru menjadi proses yang tidak memiliki akhir. Artinya, Kamu harus terus menerus melakukan optimasi pada blog atau website.

Untuk mendapatkan trafik yang tinggi dan tepat sasaran, maka Kamu wajib memahami dan mempelajari cara kerja dari search engine dalam memberikan peringkat terhadap blog atau website, Dimana penilaian ini didasarkan para persyaratan kualifikasi tertentu.

Kamu juga perlu mengikuti berbagai aturan yang ditetapkan oleh search engine atau mesin pencari, dalam hal ini adalah Google. Oleh karena itu, sangat penting untuk mempelajari bagaimana cara optimasi SEO, apa saja indikator utama SEO, serta algoritma

Cara Kerja SEO




Tujuan SEO adalah untuk mengoptimasi website, sehingga para pengguna internet bisa menemukan apa yang mereka butuhkan dengan menggunakan keyword atau kata kunci tertentu. Setidaknya, ada tiga manfaat yang ditawarkan dalam proses optimasi, yaitu memberi informasi yang relevan, mendatangkan lebih banyak trafik organik, serta menjadikan search engine sebagai sumber yang andal.


Hasil pencarian mungkin tidak akan muncul saat itu juga. Hal ini karena proses Search engin optimasi tidak sesederhana dan semudah yang dibayangkan. Search engine memiliki tiga tugas utama dalam melakukan pencarian sesuai permintaan, antara lain:

Crawling

Crawling bertugas untuk mengumpulkan informasi dari semua website. Halaman satu ke halaman lainnya, serta link satu ke link yang lainnya. Proses ini adalah tahap awal dari proses kerja Search engin optimasi.

Indexing

Jika sudah mengumpulkan informasi, kemudian web crawler akan menyimpan informasi tersebut pada entry list: index.

Ranking

Mesin pencari akan menampilkan konten sesuai hasil pencarian yang paling sesuai dengan peringkat secara berurutan.
Agar kualitas hasil pencarian bisa terjamin, mesin pencari menggunakan sekumpulan rule dan aturan yang biasa disebut dengan algoritma. Algoritma mesin pencari ini akan memastikan orang-orang yang menggunakan internet bisa mendapatkan informasi yang relevan dari berbagai sumber yang terpercaya.

Tools/Aplikasi Riset Keyword YouTube  dll dengan SEO Terbaik 2021

Sama populernya dengan Google, YouTube adalah mesin telusur terbesar ke-2 di dunia, dengan lebih dari satu miliar jam video ditonton setiap hari. Jika Anda menggunakan YouTube sebagai saluran pemasaran tetapi tidak menggunakan alat kata kunci YouTube, berarti Anda menyia nyiakan potensi YouTube Anda untuk dikenali oleh target yang sesuai.





Mengingat popularitas YouTube adalah mesin telusur terbesar kedua di dunia, yang berarti pemasar semakin fokus pada pengembangan strategi SEO YouTube yang bijaksana. Strategi tersebut mencakup banyak faktor, tetapi salah satu komponen utama SEO yang sukses adalah memasukkan kata kunci yang tepat serta alat kata kunci atau keyword YouTube membantu menghilangkan banyak dugaan.


Alat atau aplikasi kata kunci YouTube sendiri adalah program digital yang membantu Anda mengidentifikasi apa yang dicari pengguna YouTube di platform, memberi Anda wawasan tentang kebiasaan konsumen dan, berpotensi, keunggulan dalam persaingan. Simak rekomendasi tool/aplikasi untuk membantu Anda melakukan riset keyword YouTube dan pentingnya mengaplikasikannya pada konten- konten Anda.



Memahami dan Mengenal Apa Itu Riset Keyword di YouTube

Riset kata kunci atau keyword adalah praktik terbaik SEO yang digunakan profesional pemasaran untuk menemukan istilah penelusuran yang paling relevan dan menemukan istilah penelusuran alternatif yang dimasukkan orang saat mencari informasi. Penelitian ini membantu bisnis memahami jenis kata kunci yang akan digunakan dalam salinan situs web, judul halaman, tag, dan lainnya, untuk membantu mereka mengoptimalkan penemuan konten organik. Khususnya yang berkaitan dengan YouTube, penelitian keyword adalah proses menemukan istilah pencarian apa yang diketik pengguna ke dalam platform video saat mencari konten.


Berapa banyak orang yang menelusuri kata kunci Anda dan yang serupa dengannya. Setelah Anda mengetahui apa yang dicari oleh target audiens Anda, Anda dapat menambahkan kata kunci tersebut ke nama, tag, deskripsi, dan transkrip video Anda untuk meningkatkan hasil dan muncul lebih tinggi di SERPs yakni halaman hasil mesin pencari. Bahkan lebih dari itu, riset keyword akan membantu Anda dalam membuat konten video yang Anda tahu kemungkinan besar akan dicari oleh penonton Anda. Strategi pemasaran ini tidak dikhususkan untuk perusahaan besar dengan tim analisis pemasaran yang kuat saja.

Sejatinya riset keyword merupakan bagian langkah dasar yang memegang piranha penting, baik untuk bisnis dari semua ukuran, termasuk toko online perorangan, bisnis lokal, dan bisnis kecil perlu melakukan pendekatan pengoptimalan mesin telusur secara cermat dan strategis. Faktanya, bisnis kecil perlu bekerja lebih keras untuk bersaing dengan semua konten yang dihasilkan perusahaan besar yang biasanya sudah mendominasi. Sayangnya tidak semua orang mampu menggunakan jasa layanan dan agen SEO untuk membantu mereka. Jalan keluar terbaik untuk masalah ini adalah dengan memanfaatkan alat atau aplikasi riset keyword yang mendukung SEO.






Hal pertama yang ingin Anda lakukan sebelum melakukan penelitian adalah melakukan audit kata kunci atas konten dan saluran YouTube Anda. Ini dapat dimulai dengan melihat dan mempelajari metrik berikut ini :

Sumber lalu lintas Google Analytics, yang mengarah ke volume pencarian

Waktu penayangan video, yang dapat menunjukkan di mana relevansi kata kunci dengan konten video kurang

Lokasi pemutaran, yang menunjukkan peluang demografis

Laporan Real-Time, yang menunjukkan perkiraan penayangan Anda secara real-time

Retensi audiens, yang dapat menunjukkan relevansi kata kunci Anda

Shares, likes, dislikes, komentar, dan tingkat pelanggan atau subscriber, yang memberi Anda gambaran tentang keterlibatan konten dan kata kunci Anda


Setelah Anda tahu dan memahami di mana konten Anda berada, Anda akan tahu konten mana yang membutuh


Tips Memulai Riset Keyword YouTube

Sebuah penelitian atau riset kata kunci YouTube yang tepat adalah tulang punggung dari strategi SEO YouTube yang baik. Ini dikarenakan menemukan kata kunci YouTube yang tepat dapat berarti perbedaan antara audiens ideal Anda yang menangkap konten Anda, atau konten Anda menjadi zkan perubahan kata kunci. Ini juga akan membantu membentuk strategi kata kunci YouTube Anda dengan memberikan wawasan tentang apa yang berhasil atau tidak dan strategi ini yang dapat Anda duplikat dalam istilah kata kunci di masa mendatang. Langkah pertama untuk mengoptimalkan saluran atau kata kunci konten adalah melakukan penelitian yang benar, yang tertarget dengan ceruk atau niche dar isi konten YouTube Anda itu sendiri.


Daftar Tool/Aplikasi Riset Keyword YouTube dengan SEO


Seperti yang diketahui para pembuat konten, alat atau aplikasi kata kunci YouTube adalah program digital yang membantu Anda mengidentifikasi apa yang dicari pengguna YouTube di platform. Disamping juga memberi Anda wawasan tentang kebiasaan konsumen dan, berpotensi, keunggulan dalam persaingan. Daftar dibawah ini akan memberikan Anda pilihan aplikasi yang tepat untuk kebutuhan kata kunci dengan SEO bagi YouTube Anda.

1. Ahrefs

Sangat populer dan cenderung menjadi pilihan utama, Ahrefs adalah sahabat terbaik seorang analis pemasaran. Alat ini memiliki banyak koleksi SEO, analisis pesaing, penelitian kata kunci, dan fungsi identifikasi kata kunci untuk membantu Anda mengoptimalkan konten digital Anda. Dengan klien besar seperti Facebook, Netflix, dan Uber, aplikasi ini juga digemari oleh pengguna kecil maupun individu. Fitur YouTube Keyword Tool adalah fitur yang membuat banyak penggunanya terkesan dan menarik volume penelusuran YouTube untuk kata kunci dari hingga di 171 negara.

Dengan dasbor yang ramping dan mudah digunakan, pengguna bisa mengetikkan kata kunci pada bilah pencarian dan akan mendapatkan semua data yang relevan dari seluruh dunia serta berapa banyak klik yang diperoleh frase pencarian tersebut. Ahrefs juga menawarkan beberapa poin data menarik lainnya, termasuk frasa pencarian relevan yang menggunakan kata kunci Anda dan kata kunci atau frasa lain yang relevan dengan istilah Anda, menjadikan alat ini bukan hanya platform penelitian tetapi juga generator kata kunci.


2. Kparser

Kparser adalah generator tag kata kunci yang cukup praktis. Cukup ketikkan kata atau frasa, dan Kparser akan membuat daftar tag berkinerja tinggi lainnya yang terkait dengan topik Anda, volume pencarian untuk tag tersebut, dan biaya per kliknya. Alat ini sangat bagus untuk bisnis internasional karena Anda dapat meninjau data kata kunci dan membuat istilah berdasarkan geografi untuk mengubah strategi SEO Anda menurut negara dan bahasa. Kparser gratis untuk fitur dasarnya, tetapi sayangnya fitur versi ini sangat terbatas. Jika Anda memerlukan bantuan riset yang padat harian, mungkin versi berbayar atau langganan di aplikasi ini adalah opsi terbaik.


3. VidIQ

VidIQ adalah mitra Bersertifikasi YouTube yang membantu pembuat konten video menentukan kata kunci terbaik untuk meningkatkan kemampuan penelusuran. Saat Anda meneliti istilah penelusuran, VidIQ mengambil data dari YouTube untuk memberi Anda gambaran tentang apa yang terjadi dengan istilah tersebut. Anda akan dapat melihat informasi berguna seperti tag yang direkomendasikan dan video dengan performa terbaik apa yang saat ini ditampilkan di SERP.

Jika Anda ingin lebih terperinci, Anda juga dapat menggunakan VidIQ untuk menjelajahi kata kunci terkait tambahan dan melihat pelaporan volume penelusuran pada bulan atau tahun lalu, atau bahkan sejak YouTube dibuat. Alat ini sangat bagus untuk membantu pemasar memastikan apakah mereka menggunakan kata kunci yang tepat, menjelajahi opsi kata kunci baru, dan menilai dengan siapa mereka bersaing untuk mendapatkan peringkat penelusuran yang lebih tinggi. VidIQ hadir dengan lusinan fitur lain yang dirancang untuk content creator, tetapi alat penelitian kata kunci memerlukan langganan.

Kesimpulan dan Penutup

Gagal menargetkan kata kunci dengan volume penelusuran, berdampak tidak adanya view penayangan dari penelusuran YouTube. Padahal secara keseluruhan, YouTube adalah peluang luar biasa bagi pemasar karena itu adalah platform yang selalu ramah lingkungan. Anda menghabiskan uang untuk membuat konten sekarang, dan itu akan terus ada dan melayani tujuannya selama lima sampai 10 tahun atau lebih.


Pada dasarnya, inilah mengapa penelitian kata kunci di YouTube sangat penting dan mengapa hal itu dapat menciptakan keuntungan yang tidak adil terhadap pesaing Anda. Jika Anda melakukan pekerjaan sekarang, video tersebut akan terus terlihat dan menghasilkan prospek dan pendapatan untuk tahun-tahun mendatang. Itu adalah posisi yang sangat menarik, terutama bagi content creator yang berdedikasi atau bisnis.







Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak