Pemasaran Melalui Media Sosial : Solusi Pemasaran Digital Bisnis Anda
Pemasaran
melalui media sosial adalah sebuah proses pemasaran yang dilakukan melalui
pihak ketiga yaitu website berbasis media sosial. Saat ini sudah banyak media
sosial yang dapat digunakan untuk pemasaran atau promosi sebuah produk atau
jasa.
Pemasaran
dengan media sosial tidak selalu berhubungan dengan jual-beli secara langsung.
Dalam pemasaran ini, Anda bisa memasarkan konten dalam bentuk postingan di web,
gambar atau video. Konten yang dipasarkan melalui media sosial ini berhubungan
dengan produk yang akan dijual.
Media
sosial yang sering digunakan untuk pemasaran atau promosi di antaranya
Facebook, Instagram, dan Twitter. Melalui media ini perusahaan atau brand bisa
melakukan promosi yang terstruktur dan tepat sasaran.
Selain
memasarkan konten, teknik pemasaran modern ini juga digunakan untuk memasarkan
merek. Maksud memasarkan merek di sini adalah mengenalkan merek secara umum ke
masyarakat secara menyeluruh atau yang sering disebut dengan brand awareness.
Dengan mengenalkan merek dan memberi impresi yang baik, maka rasa percaya masyarakat akan meningkat dan bisa meningkatkan konversi promosi ke penjualan. DIsamping itu media sosial juga digunakan untuk upaya optimasi website bisnis yang di SEO kan.
Proses Pemasaran Melalui Media Sosial
Pemasaran melalui media sosial tidak bekerja secara langsung. Konversi
penjualan membutuhkan waktu yang cukup lama karena masyarakat membutuhkan trust
atau rasa percaya. Jika rasa percaya ini meningkat dibarengi strategi yang
tepat, maka penjualan bisa berjalan dengan lancar.
Komponen Penting Dalam Social Media Marketing
Ada beberapa komponen penting yang harus ada dalam social media
marketing. Anda harus memahami komponen penting tersebut agar proses pemasaran
berjalan dengan lancar. Berikut ulasan lengkapnya.
1. Fokus Pada Sasaran
Pemasaran melalui media sosial bisa dilakukan oleh siapa saja, cukup
memiliki akun jejaring sosial, Anda bisa melakukan pemasaran. Namun, pemasaran
yang fokus dan tepat sasaran agak susah dilakukan. Sebelum memasarkan produk
ada baiknya menentukan targetnya terlebih dahulu.
Lebih baik melakukan promosi kepada ratusan orang yang tepat sasaran
daripada ribuan orang yang belum tentu mau membaca konten promosinya. Selain
itu, promosi ke user yang telah ditargetkan juga bisa meningkatkan penjualan
produk.
2. Menggabungkan Banyak Platform
Fokus ke satu media sosial memang sangat disyaratkan oleh banyak
marketer. Namun, jika Anda bisa memasukkan beberapa media sosial dengan baik,
promosi bisa berjalan dengan lancar.
Biasanya pengguna media sosial di beberapa platform memiliki keunikan
tersendiri dalam menanggapi promosi. Ada yang suka promosi secara hard selling,
ada yang suka promosi ringan, promosi dengan gambar, dan video.
3. Aktif Dalam Berinteraksi
Saat menggunakan media sosial, jangan melupakan berinteraksi
dengan masyarakat. Saat ada yang bertanya atau melakukan komplain, Anda harus
menanggapinya dengan baik. Aktif berinteraksi akan membuat merek yang Anda
miliki semakin dipercaya.
4. Menggunakan Influencer
Selain menghadirkan konten yang bermutu, menggunakan
influencer juga bisa digunakan untuk menarik banyak pembeli. Anda bisa
menggunakan beberapa selebriti atau selebgram yang dekat dengan masyarakat.
5. Bersabar
Social media marketing membutuhkan kesabaran karena peluang
menyerahnya seorang marketer itu cukup besar. Sebab, konversi penjualan tidak
bisa dilihat secara langsung. Masyarakat butuh diyakinkan untuk mau membeli.
Oleh karena itu, promosi di sini harus dilakukan secara berkala dan menarik.
Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial
1. Menentukan Target Dan Jenis Media Yang Digunakan
Strategi pertama tentunya Anda perlu menentukan target
pemasaran produk bisnis Anda. Misal yang menjadi target Anda adalah pengguna
media sosial yang berasal dari kalangan pelajar dan mahasiswa, atau kalangan
eksekutif muda yang memiliki segudang rutinitas.
Selain memutuskan kalangan mana yang dijadikan target, Anda
juga harus fokus memilih media sosial mana yang cocok untuk memasarkan produk
Anda. Gunakan saja media sosial yang notabene sudah memiliki banyak pengguna
seperti Facebook, Instagram, atau Twitter.
2. Membuat Konten Yang Seru Dan Kreatif
Konten yang seru dan kreatif menjadi salah satu kunci
kesuksesan pemasaran melalui media sosial. Konten yang seru akan membuat para
pengguna internet tertarik untuk selalu mengikuti informasi yang Anda berikan.
Pilihlah konten yang membuat banyak orang tertarik untuk membagikannya.
Kesempatan yang diperoleh dari share tersebut bisa membuat
pengguna internet lainnya mulai mengenal informasi dan produk bisnis Anda.
Usahakan untuk membuat konten yang singkat dan padat namun menarik, agar
pengguna internet tak merasa malas untuk membacanya.
3. Menjalin Komunikasi Efektif Secara Personal
Setelah menentukan target bisnis, memilih konten dan jenis
media sosial yang tepat, sekarang saatnya untuk memanfaatkan bantuan
orang-orang di sekitar Anda. Memiliki banyak teman Facebook, Twitter atau media
sosial lainnya merupakan hal yang positif untuk mulai memperkenalkan produk
bisnis Anda.